news and press releases

Meningkatkan Etos Kerja

09 June 2016

Etos yakni karakter, cara hidup, kebiasaan seseorang, motivasi atau tujuan moral , seseorang serta pandangan dunia mereka, yakni gambaran, cara bertindak atau pun gagasan yang paling konprehensif mengenai tatanan. Etos kerja seseorang erat kaitannya dengan kepribadian, perilaku dan karakternya. Sikap yang mendasar terhadap diri dan dunia di sekelilingnya. Sikap disini digambarkan sebagai prinsip masing masing individu yang sudah menjadi keyakinan dalam mengambil keputusan. Secara sederhana etos kerja  merupakan totalitas seseorang dalam melakukan  atau menjalani sebuah pekerjaan.

Etos kerja berhubungan dengan beberapa hal penting seperti, perencanaan yang baik, disiplin dan menghargai waktu, tanggung jawab, taktis dan efisien, serta semangat bersaing sehat. Banyak cara menumbuhkan etos kerja. Namun yang paling mendasar adalah menumbuhkan etos kerja harus dalam diri sendiri. Berikut beberapa cara yang bisa meningkatkan etos kerja.

1. Menumbuhkan Sikap Optimis

Dalam menjalankan usaha kita harus optimis yakin dengan perencanaan yang kita buat, yakin dengan peluang yang kita ciptakan dan yakin dengan strategi yang kita kembangkan. Sipat optimis ini membakar semangat dalam diri dan tidak berhenti sampai disitu, jika sudah memiliki rasa optimis yang kuat, peliharalah dengan jalan terus memotivasi diri sendiri. Jangan sampai mengendur yang akibatnya dapat melemahkan semangat.

2. Jadilah diri sendiri

Dalam memotivasi pertama setiap orang dalam mendirikan usaha tidak selalu sama, namun yang terpenting jangan sampai memotivasi tersebut menjadi  bias, contoh ketika anda ingin meniru orang lain yang sukses, justru terjebak dengan kesuksesannya saja. Anda ingin menjadi sukses tapi tidak melihat proses perjalanan menjadi sukses. Lebih baik jadi diri sendiri dengan segala persiapan dan kemampuan yang anda miliki.

3. Mulai hari ini

Menjadi orang yang lebih baik, tidak perlu menunggu besok, mulai sekarang. Jadikanlah diri anda yang terbaik sekarang juga. Buat dalam diri anda bahwa tidak ada waktu untuk bersantai santai. Setiap detik usaha anda memiliki nilai yang besar terhadap masa depan anda.

4. Disiplin dan menghargai waktu

Disiplin dalam menjalankan sesuatu memang terlihat mudah namun sulit dalam prakteknya. Tetapi hanya anda sendiri yang bisa mendisiplinkan diri anda. Jika anda mudah mendisiplinkan dengan hal-hal kecil maka akan mudah untuk hal yang lebih besar. Dengan terbiasa disiplin anda tentu sudah menghargai waktu.

5. Fokus dan konsentrasi

Fokus pada suatu tujuan mampu meringankan beban kerja anda. Konsentrasi tinggi diperlukan dalam melihat semua  peluang dengan mencari solusi. Agar konsentrasi tetap terjaga, dengan cara jangan lupa mengatur waktu istirahat anda baik pada malam hari maupun siang hari sehingga dapat meningkatkan kualitas usaha anda.

6. Bekerja sebagai ibadah

Yang terakhir tapi juga merupakan bagian, jadikan pekerjaan atau usaha anda sebagai sarana beribadah kepada Tuhan.

 

SUMBER : www.wordpress.com

« Back to News